Bendungan Meninting dan Peluang Dibukanya Investasi Wisata Baru

Lombok Barat-Kerapkali proyek-proyek pembangunan berscala besar di NTB, sangat dimungkinkan berdampak ada pengembangan sektor lainnya secara simultan. Multiflyer efeck dari sebuah pembangunan dipastikan memberi kebermanfaatan bagi terdongkraknya sector lainnya yang bermuara pada kesejahterana masyarakat. Pembangunan Bendungan Meninting yang berada di wilayah Desa Bukit Tinggi, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat misalnya tidak hanya berfungsi untuk menampung air untuk kebutuhan irigasi bagi pertanian, namun juga juga menjadi objek wisata baru.

“Pembangunan Bendungan Meninting yang diprediksikan tuntas 2023 nanti juga bisa membuka peluang investasi wisata baru seperti adanya track sepeda berstandar Internasional sejauh 60 Km yang terhubung dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Lombok Tengah yang juga menjadi pusat penyelenggaraan balap motor dunia MotoGP,” kata Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Nusa Tenggara I, Dr. Hendra Ahyadi, S.T., M.T Rabu (6/1) di Lombok Barat, sesaat bersama Gubernur NTB Dr. H Zulkieflimansyah, M.Sc meninjau progress pembangunan bendungan senilai hampir 1 Triliun ini.

Gubernur NTB H Zulkieflimansyah ketika itu mengingatkan bahwa proyek pembangunan Bendungan Meninting ini merupakan sebuah kerja besar. Meski begitu Doktor ekonomi industri ini yakin dengan kebersamaan, semuanya  akan jadi mudah.

Kepala BWS Nusa Tenggara menambahkan, Bendungan Meninting tersebut berada pada lahan seluas 50 hektar yang nantinya akan mampu menampung debit air sebesar 12 juta kubik. ”Dengan view perbukitan yang mengelilinginya, Bendungan Meninting dengan sendirinya akan menjadi daya tarik wisata nantinya. Track sepeda sepanjang 60 Km berstandar internasional juga akan dibangun dengan tembusan KEK Mandalika. Sehingga Indonesia nantinya bisa menjadi tuan rumah untuk acara sepeda internasional.

Hendra juga menyebutkan selain objek wisata baru dan track sepeda berstandar internasional ysng bisa dibuka juga direncanakan dibangun Museum Bendungan. “Museum dibangun sebagai salah satu objek wisata untuk melihat historis bendungan-bendungan yang ini dibangun di NTB,” kata Hendra.

Hendra juga memastikan nantinya Bendungan Meninting  akan dibangun saluran yang membelah Pulau Lombok. Sepanjang jalur tersebutlah trak sepeda sejauh 60 Km akan dibangun sekaligus sebagai jalan inspeksi. “Pembangunan jalur sepeda ini kita harapkan jadi objek event wisata baru, dimana Bendungan Batujai sudah ada wisata pacuan kuda,” ujarnya memberi gambaran.

Data lainnya yang dihimpun dari BWS Nusra mencatat pengerjaan bendungan ini sudah dimulai sejak 2019 dan masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) dalam rangka mendukung ketahanan pangan dan air di Kawasan Timur Indonesia. Dan  kunci pembangunan di wilayah NTB adalah ketersediaan air.

Dengan adanya suplai air yang berkelanjutan dari bendungan, petani yang sebelumnya hanya satu kali tanam setahun, bisa bertambah menjadi dua sampai tiga kali tanam. (Hrw)

www.investasi-perizinan.ntbprov.go.id
.
#NTBGemilang #NTBRamahInvestasi
#NTBTangguhDanMantap #MotoGP2021
#TheMandalikaGP #KEKMandalika
#DPMPTSPProvNTB #DPMPTSPNTB

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com