Investasi Kereta Gantung di Taman Nasional Gunung Rinjani   

Mataram – Gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat dengan segala keanekaragaman potensi alam ataupun keanekaragaman hayatinya menjadi magnit tersendiri bagi para wisatawan yang hobi melakukan wisata pendakian ke area pegunungan. Tidak saja wisatawan yang terbuai akan keindahan Rinjani, namun para investorpun memiliki harapan besar untuk menanamkan investasinya di kawasan yang sudah masuk Geopark Nasional ini sejak 2013 dan pada tahun 2016 diusulkan menjadi Unesco Global Geopark (UGG).

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) NTB, Ir. H. Mohammad Rum, M.T., membenarkan jika Geopark Rinjani memiliki potensi yang sangat luar biasa bagi pengembangan pariwisata maupun investasi di bidang sumberdaya air.

“Salah satu bukti keseriusan investor untuk membangun kawasan wisata Rinjani yakni akan membuka akses penghubung ke Gunung Rinjani melalui pembangunan kereta gantung dari Karang Sidemen Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah,” kata Ir M.Rum, MT kepada media ini di Mataram, Rabu (12/1/2020).

Mantan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB ini menambahkan, sebagai bukti keseriusan investor asal Tiongkok yang merencanakan investasinya ke Gunung Rinjani tersebut yakni dengan menjaminkan uangnya senilai Rp5 miliar ke salah satu Bank Milik Daerah (BMD) NTB.

Disebutkan Rum, sesuai dengan rencana awal bulan Januari 2021 ini investor Tiongkok tersebut akan mengunjungi NTB. Karena Investor ini sangat serius untuk berinvestasi di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Hanya saja Investor terkendala oleh pelarangan sementara Warga Negara Asing (WNA) yang masuk ke Indonesia karena pandemi covid 19 maka kegiatan ini untuk  sementara belum dapat dilanjutkan.

“Namun secara pararel kita harapkan hal hal yang sifat administratif lainnya dapat dilakukan seperti rekom kesesuaian ruang agar ketika pandemi melandai kita langsung aksi di lapangan,” demikian Rum.

Meski demikian Rum tetap optimis, jika larangan WNA masuk ke Indonesia dicabut, maka mereka akan segera datang ke NTB.

Rencana pembangunan kereta gantung di sekitar kawasan Gunung Rinjani ini disebut-sebut sebagai kreta gatung terpanjang di dunia sepanjang 10 km. Kereta gantung ini sendiri berada pada wilayah nti Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR). (hrw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com