Dorna Sport Kunjungi Sirkuit Mandalika

Mandalika-Promotor kenamaan MotoGP yang merupakan penyelenggara resmi balapan MotoGP dunia Dorna Sport diwakili Carlos Ezpeleta, Loris Capirossi dan Franco Uncini mengecek langsung  Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah,  Rabu (7/4).

Kunjungan saat ini dimaksudkan untuk memeriksa langsung kesiapan sirkuit menghadapi MotoGP Oktober mendatang. “Kehadiran Carlos, Loris dan Franco ke Lombok khusus datang dari Spanyol dan Italia untuk melihat langsung persiapan terakhir Sirkuit Mandalika,” demikian penjelasan Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat, Bambang Soesatyo saat menyertai  perwakilan Promotor MotoGP tersebut.

Bamsoet sapaan akrab Ketua MPR RI ini menyebut, Sirkuit Mandalika saat ini sudah hampir 70 persen selesai dilihat dari fasilitas keselamatan dan standard internasional MotoGP.

Meski demikian Bamsoet menyatakan, jadi atau tidaknya gelaran di Sirkuit Mandalika bergantung pada kondisi pandemi dunia dan Lombok.

Gubernur NTB Dr. H.  Zulkieflimansyah mengatakan, seluruh persiapan ini untuk memastikan kondisi ril di lapangan. Sirkuit Mandalika saat ini menjadi satu-satunya dalam kalender cadangan balap MotorGP 2021 setelah Igora Drive di Rusia telah dihapus dari cadangan.

“Selain soal landasan yang bakal diperpanjang dari 2000 menjadi 3300 meter persegi yang akan didarati pesawat berbadan besar membawa peralatan, Airport Tour guna mengecek kedatangan para kru yang terlibat dalam balapan MotoGP nantinya pada awal kunjungan,” ungkap orang nomor satu NTB ini.

Rombongan Promotor MotoGP juga berkunjung ke Rumah Sakit Internasional yang khusus dibangun untuk gelaran MotoGP.

Sementara itu Ketua IMI Pusat dan Gubernur NTB juga mengunjungi kampung homestay di Dusun Bangah, Desa Gerupuk, Kuta untuk persiapan akomodasi.

Keterangan yang berhasil dihimpun menyebutkan, di lokasi ini ada sekitar 90 an homestay yang dibangun penuh maupun rumah warga yang diupgrade menjadi homestay dari 915 homestay di kawasan Mandalika. 915 rumah tidak layak huni yang dibedah tersebut, sebanyak 817 unit berada di Kabupaten Lombok Tengah.

Sepanjang koridor masuk Kawasan Mandalika sebanyak 517 rumah dan sekitar 300 unit rumah lainnya dibedah untuk rumah singgah dan homestay serta usaha lainnya guna mendukung pariwisata. “Jadi ini juga memberikan semangat bahwa masyarakat mendukung penuh gelaran MotoGP. Dengan bangunan ini akomodasi tidak menjadi  masalah. Mari berharap impian kita menggelar MotoGP di Lombok terwujud,” harap Bang Zul. (jm/hrw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com