NTB Gemilang di depan Mata

(Tiga Tahun Kepemimpinan Zul-Rohmi)

Besarnya pengharapan masyarakat NTB terhadap Kepemimpinan Dr. Zulkifliemansyah dan Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur NTB merupakan sesuatu yang sangat wajar. Sebab Dr. Zulkifliemansyah yang biasa di kenal Bang Zul adalah putra kelahiran Sumbawa Besar dengan jam terbangnya yang tinggi sebagai politikus dan anggota DPR serta Pendiri Universitas Teknologi Sumbawa (UTS). Sedangkan Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah Wakil Gubernur NTB yang merupakan akademisi dan politisi perempuan NTB, pernah menjabat Ketua DPRD Kabupaten Lombok Timur serta Rektor Universitas Hamzanwadi yang juga merupakan kakak dari Gubernur Nusa Tenggara Barat periode 2008—2018, Dr. TGH. M. Zainul Majdi yang lekat disapa sebagai TGB (Tuan Guru Bajang).

Kiprah Kepemimpinanya Zul-Rohmk sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur NTB yang kini telah berjalan tiga tahun, tidak sedikit prestasi yang dicatatkan. Salah satunya keberhasilan dalam menekan angka kemiskinan yang mampu turun di tengah Pandemi Covid-19.

Belum lagi program-program unggulan lain seperti 1.000 orang cendikia, Posyandu, NTB hijau, Zero Waste, Desa Wisata dan Social Security Net atau JPS Gemilang sebagai upaya meretas jalan baru dengan berani mengambil resiko berupa penyaluran bantuan komoditas yang diproduksi oleh IKM/UMKM lokal. Suatu kebijakan revolusioner yang di lakukan oleh pemerintah provinsi NTB untuk menyelamatkan UMKM dari keterpurukkan dan memberikan ruang bagi UMKM lokal untuk bangkit menunjukkan eksistensinya. JPS Gemilang tidak hanya memberi stimulus perekonomian kepada masyarakat di masa pandemi, akan tetapi menggairahkan UMKM serta mampu mempercepat industrialisasi NTB yang merupakan visi besar Bang Zul dalam mewujudkan NTB Gemilang.

Di bawah kepemimpinan Zul-Rohmi, PT. Gerbang NTB Emas (GNE) mendapat anugerah Bintang 4 Bidang Aneka Usaha diajang TOP BUMD Awards 2021 dan TOP CEO. Penghargaan juga diberikan Kepada Gubernur NTB sebagai TOP Pembina BUMD 2021 karena PT.GNE dan Bank NTB Syariah Mendapatkan penghargaan Bintang 5 Bidang Perbankan.

Yang tidak kalah pentingnya di masa pemerintahan Zul-Rohmi, adalah keberhasilan membuka kebuntuan terhadap kasus PT. Gili Trawangan Indah (GTI) di Gili Trawangan yang telah berlangsung selama bertahun-tahun.
Hal ini membawa angin segar bagi masyarakat di Gili Trawangan dan menjadi kemajuan dan semakin terbuka nya investasi di Gili Trawangan. Selain itu, Perkembangan Investasi NTB yang dipercayakan Gubernur NTB kepada kendali Ir. Mohammad Rum sebagai Kepala Dinas PM&PTSP NTB Alhamdulillah mampu menjawab dan mengurangi satu demi satu benang kusut Investasi yang ada di NTB, tidak hanya penyelesaian status PT GTI, tetapi juga mampu mengurai persoalan PT. ESL yang berada di Lombok Timur, Percepatan investasi di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika dan masih banyak lagi keberhasilan di bidang investasi lainnya.
Capaian realisasi investasi NTB yang melampaui target, baik nasional maupun RPJMD ditengah pandemi sekarang ini bukan merupakan sesuatu hal yang mudah, tetapi mampu dibuktikan.

Mohammad Rum sebagai “Kapten Kapal Investasi NTB”  menekankan bahwa untuk membangkitkan ekonomi di NTB maka perlu mengedepankan investasi. Tanpa investasi, ekonomi tidak akan mampu berjalan sebagaimana yang kita harapkan, lapangan kerja akan menjadi sulit, pendapatan masyarakat menurun dan upaya penurunan angka kemiskinan akan menjadi lambat.
Tetapi dengan modal keyakinan, semangat yang tinggi demi kemajuan NTB, tidak ada hal yang tidak mungkin. Dengan kata lain, segala capaian pembangunan yang telah dihasilkan 3 tahun terakhir ini, khususnya di bidang investasi, menunjukkan langkah pasti keberhasilan kepemimpinan Zul-Rohmi. Zul-Rohmi mampu menciptakan mesin birokrasi yang berjalan sinergis, memberikan efek positif terhadap kemajuan dan kemandirian masyarakat NTB menuju NTB Gemilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »