MXGP di NTB

Motorcross Grand Prix (MXGP) Seri ke-12 akan digelar di Sirkuit Samota, Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada 24-26 Juni 2022.
Serasa ingin mengulangi kesuksesan Event Grand Prix Of Indonesia  (MotoGP) di Pertamina Mandalika Street Sircuit. Pemerintah Provinsi NTB tengah melakukan berbagai persiapan dan Langkah-langkah. Mulai dari pembentukan dan penunjukan komandan lapangan. Gubernur Nusa Tenggara Barat, Bang Zul resmi menunjuk Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) NTB H. Ridwansyah sebagai komandan lapangan persiapan event Motorcroos Grand Prix (MXGP).

Sebagai komandan lapangan, H. Ridwansyah menuturkan berbagai kondisi yang ada dilapangan mulai dari kesiapan sirkuit, transportasi, akomodasi, infrastruktur MXGP hingga saat ini.

Ridwansyah menjelaskan Jumlah ketersediaan akomodasi di Pulau Sumbawa sebanyak             2.160 kamar yang tersebar dalam 5 kabupaten/kota yang ada di Pulau Sumbawa. Akomodasi khusus di Kabupaten Sumbawa rencananya akan digunakan untuk menampung Promotor dan Tim serta rider MXGP.  Perkiraan jumlah penonton ditaksir mencapai 35.000     orang. Sehingga untuk mengatisipasi ketimpangan ketersediaan antara jumlah

penonton dengan akomodasi yang ada, komadan lapangan H. Ridwansyah ingin menerapkan hal yang sama dengan pelaksanaan event MotoGP kemarin yaitu akomodasi apung. Ketersediaan akomodasi apung dianggap mampu membantu mengcover akomodasi para wisatawan yang akan menonton selama pagelaran event MXGP. H. Ridwansyah meminta Kepala Dinas Perhubungan untuk selalu berkoordinasi dengan PT. PELNI terkait hal ini.

Selain itu yang menjadi tantangan adalah kesiapan sarana transportasi Pelabuhan Kayangan-Poto Tano dan Bandara Sultan Kaharuddin sebagai pintu masuk bagi para pembalap, kru dan para penonton. Pemerintah Provinsi dalam waktu dekat ini akan terus melakukan pembenahan baik sarana-prasarana dan infrastruktur transportasi Pelabuhan Kayangan-Poto Tano maupun Bandara Sultan Kaharuddin. Pemerintah Provinsi telah berkoordinasi dengan Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan RI untuk melakukan penebalan runway bandara agar pesawat jenis Boeing 737 seri 300 atau  Air Bus  dapat mendarat dengan baik. Penebalan runway bandara akan dimulai pertengahan April dan diperkirakan selesai pada bulan Mei 2022.

Sementara Gubernur NTB, Zulkiflimansyah mengatakan kehadiran event internasional MXGP akan memberikan dampak yang sangat besar, terutama dalam meningkatkan perekonomian Pulau Sumbawa.

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi NTB H.RUM saat dihubungi dengan adanya penyelenggaraan event international seperti MotoGP dan MXGP berdampak positif bagi segi investasi. hal ini terlihat dari meningkatnya minat investor baik asing maupun dalam negeri untuk berinvestasi di wilayah Provinsi NTB. Apabila dari investor-investor tersebut jadi untuk berinvestasi ini akan membantu pemenuhan target realisasi investasi Provinsi NTB sebesar 18,5 Triliun.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »
error: Content is protected !!