Sosialisasi Penerapan E-Sign Menuju SPBE

Dalam rangka menuju Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Diskominfotik Provinsi NTB mengadakan kegiatan Sosialisasi Implementasi Tanda Tangan Elektronik yang bertempat di Aula Diskominfotik Provinsi NTB (26/07).

DPMPTSP Provinsi NTB berkesempatan hadir untuk mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut, dimana dijelaskan terkait apa itu tanda tangan elektronik dan bagaimana landasan hukum dalam penerapannya di lingkup dinas pemerintahan.

Alhamdulillah kurang lebih satu tahun, Dinas Penanaman Modal dan PTSP PRovinsi NTB telah menerapkan sistem TTD Elektronik, baik untuk urusan internal kantor, maupun untuk bersurat ke luar. Sistem tanda tangan elektronik di Provinsi NTB menggunakan aplikasi berbasis web bernama DDSS (https://ddss.ntbprov.go.id/) dengan menggunakan sertifikat dari Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE). DDSS merupakan aplikasi buatan Diskominfotik Provinsi NTB yang diperuntukkan untuk mengolah dokumen-dokumen, yang kemudian diproses agar dapat ditanda tangani secara digital. Dengan menggunakan sertifikasi dari BSrE , dokumen yang telah ditandangani secara elektronik dapat dijamin keaslian, keutuhan, dan pertanggung jawaban dari dokumen yang telah ditandatangani.

Penggunaan sistem ini juga sejalan dengan salah satu Misi NTB Gemilang yakni NTB Asri dan Lestari, khususnya pada program NTB Hijau dan NTB Zero Waste. Dengan menggunakan sistem tanda tangan elektronik (E-Sign), dapat dipastikan bahwa penggunaan kertas dapat dikurangi secara signifikan. Karena dokumen akan berbentuk digital dan dapat diedarkan secara digital pula, jadi dapat mengurangi penggunaan tinta printer dan kertas, serta mengurangi limbah yang dihasilkan.
.
.
menuju #NTBRamahInvestasi !
.
.
============================================
Untuk informasi lain terkait DPMPTSP Provinsi NTB dapat mengunjungi :
✓ Instagram : @dpmptsp.ntb
✓ Twitter : @dpmptsp_ntb
✓ Facebook : DPMPTSP Prov NTB
✓ Youtube : dpmptsp NTB
✓ Website : investasi-perizinan.ntbprov.go.id

@zulkieflimansyah | @biroadpimntb | @ntbprov | @mohammad_rum | @abywahyuhidayat

#investasi #ntbgemilang #ntbramahinvestasi #ntb #provntb #infontb #dpmptsp #dpmptspntb #zulrohmi #zulkieflimansyah #ummirohmi #mohammadrum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »