KegiatanTerkini

Sosialiasi OSS – RBA di Ruang Lingkup Provinsi NTB

Dinas Penanaman Modal & PTSP Provinsi NTB menyelenggarakan Sosialisasi Online Single Submission Risk Based Approach (OSS – RBA) pada hari Jumat (13/08/2021) kemarin. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut Go Live atau launching Aplikasi OSS – RBA oleh Bapak Presiden RI sebagai amanat dari UU Cipta Kerja Th. 2020, pada hari senin (9/8/2021) lusa.

Rangkaian kegiatan sosialisasi ini yakni pembukaan, sambutan dari Kepala DPMPTSP NTB atau yang mewakili, penyampaian materi sosialisasi, diskusi dan tanya jawab, dan yang terakhir penutup. Kegiatan Sosialisasi OSS – RBA oleh DPMPTSP NTB ini dibagi menjadi dua sesi, dimana sesi pertama dikhususkan untuk Tim Teknis OPD Pendukung di ruang lingkup Pemprov NTB, dan sesi kedua diperuntukkan bagi masyarakat pengusaha yang berada di Provinsi NTB.

Kadis DPMPTSP Ir. H. Mohammad Rum memberikan sambutan
Kadis DPMPTSP Ir. H. Mohammad Rum, MT. dalam memberikan sambutan

Tujuan dari aplikasi ini yakni untuk mempermudah proses pelayanan perizinan kepada masyarakat / pelaku usaha dimana dalam pengaplikasian OSS – RBA, mampu memangkas tahapan – tahapan yang sifatnya tidak terlalu mengikat, mampu menghindari dan menghilangkan praktek korupsi di dalam pelaksanaan proses perizinan.

Selain itu, proses perizinan berusaha setelah berlakunya UU Cipta Kerja, diatur berdasarkan jenis resiko dari kegiatan usaha yang dilaksanakan. Terdiri dari Tingkat Usaha Berisiko Rendah, Menengah Rendah, Menengah Tinggi dan Tinggi. Persyaratan yang dibutuhkan disesuaikan dengan tingkat resiko berusaha yang diajukan.

Dengan kata lain, dengan aktifnya OSS RBA, maka proses perizinan berusaha diharapkan dapat cepat prosesnya, tepat sasaran dan tanpa biaya (GRATIS).

Diharapkan setelah ini, para pelaku usaha termasuk UMKM tidak akan lagi mengalami kesulitan dalam memproses perizinan yang mereka ingingan sehingga secara tidak langsung mereka mampu survive ditengah Pandemi Covid 19 di saat sekarang ini.

Foto bersama dengan peserta zoom pada sesi ke - 2
Foto bersama dengan peserta zoom pada sesi ke – 2

#NTBRamahInvestasi #DPMPTSPNTB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »