PENGEMBANGAN KAWASAN INVESTASI NTB DAN PENCIPTAAN ZONA EKONOMI HIJAU

DPMPTSP Provinsi NTB dan PT. Eco Solution Lombok (PT. ESL) menyelenggarakan kegiatan diskusi terkait Regulasi Zona Ekonomi Hijau yang dititikberatkan kepada tiga titik inti, yaitu Tanjung Ringgit, Gili Balu, dan Labuhan Lalar di Kawasan Selat Alas.

Kegiatan yang dipimpin oleh Kadis PMPTSP Provinsi NTB, Ir. H. Mohammad Rum, MT berupaya mengkaji dan memfasilitasi penciptaan zona cerdas iklim yang berkelanjutan dan menjadikannya permanen, sehingga para investor dapat menerima keamanan dan manfaat jangka panjang, begitu juga dengan masyarakat yang berada di sekitar lokasi investasi.

Diskusi ini juga bertujuan untuk meletakkan dasar kerjasama yang nantinya akan menjadikan Provinsi NTB sebagai tujuan nomor satu di Indonesia tentang investasi berkelanjutan, zona ekonomi hijau dan cerdas iklim serta mendukung pengembangan bisnis lokal yang ramah lingkungan.

“Zona ekonomi hijau ini berbasis lingkungan, memanfaatkan konsep eco dan pemberdayaan masyarakat,” Kata Mohammad Rum sapaan H. Rum, Rabu (17/11/2021) di Hotel Lombok Astoria.

H. Rum menyampaikan, zona ekonomi hijau berbasis lingkungan, sejalan dengan program unggulan NTB Gemilang, seperti NTB Hijau, Zero Waste dan industrialisasi.

Program ramah lingkungan dapat saling mendukung sumber daya yang ada disekitar kawasan Tanjung Ringgit, Gili Balu, dan Labuhan Lalar. Termasuk mendukung industrialisasi produk laut, seperti budidaya lobster, ikan, rumput laut serta terumbu karang. Ekosistem tidak akan tercemar karena semua konsep program berbasis lingkungan. Selain itu, konsep pemberdayaan masyarakat juga mampu mendukung ekonomi masyarakat demi kesejahteraannya.

Regulasi dan aturan terkait pengelolaan lingkungan disekitar perlu ditegakkan, dan dengan regulasi tersebut akan dapat menghadirkan rasa aman untuk para investor yang berinvestasi di NTB. “Semoga regulasi ini bisa mengundang calon investor yang bermazhab Eco Green.” Tambah H. Rum.

#ntbgemilang #ntbramahinvestasi #oss #ossrba #sosialisasi #sosialisasioss #sosialisasiossrba #wsbkmandalika #dpmptsp #dpmptspntb #mohammadrum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »