PT. Eco Solution Lombok (ESL) bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi NTB dan Pemerintah Daaerah Lombok Timur merestorasi hutan lindung Sekaroh di Lombok Timur

Mataram-PT. Eco Solution Lombok (ESL) bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi NTB dan Pemerintah Daaerah Lombok Timur merestorasi hutan lindung Sekaroh di Lombok Timur. Perusahaan ini telah melakukan penghijauan di kawasan Sekaroh.

Setelah penghijauan rencanya hutan ini akan digunakan sebagai kawasan ekowisata diantaranya dengan membangun Resort dengan konsep asli sasak.

 

Ada beberapa program yang sudah dilakukan oleh PT. ESL hingga awal tahun 2022 antara lain adalah penghijauan, sesuai dengan Izin Usaha Pengelolaan Jasa Lingkungan.

 

Untuk diketahui berdasarkan IUPJL yang diberikan kepada PT. ESL, kawasan hutan Sekaroh memiliki luas 339 H. Dari jumlah tersebut baru 10% yang bisa dibangun. Sisanya 90 % dari areal izin yang harus dihutankan kembali.

 

Lebih dari 100 hektar lahan telah mengalami erosi dan kerusakan akibat penanaman jagung illegal oleh masyarakat sekitar dari tahun 2014 hingga 2021. Petani dan penggarap illegal menebangi kawasan hutan untuk menanam jagung, sehingga kawasan ini perlu direstorasi agar menjadi kawasan hutan lindung seperti semula.

 

PT. ESL bersama mitra lokal telah melakukan berbagai hal untuk kegiatan penghijauan. “Kami membangun kegiatan penghijauan dan rehabilitasi lahan yang sudah rusak dan longsor melalui kegiatan pencegahan abrasi atau konstruksi anti erosi perkuatan disepanjang area IUPJL, membangun fasilitas pendukung untuk pendukung keamanan mulai dari pos keamanan dan pagar serta merekrut tenaga kerja lokal di sekitar Sekaroh. Termasuk membangun 5 stasiun cuaca dan alat pengendali hama yang akan datang” ungkap Mr. John selaku Direktur PT. ESL.

 

Sampai dengan saat ini PT. ESL telah mempekerjakan 23 tenaga kerja lokal sebagai staf, mulai dari personel keamanan, penghijauan pemagaran dan konstruksi. Rekrutmen tanaga kerja lokal akan terus meningkat dengan seiringnya perkembangan kegiatan pembangunan perusahaan di masa yang akan datang. Kebanyakan yang baru direkrut adalah masyarakat dari Dusun Sunut yang sebelumnya menanam jagung, dengan menanam berbagai jenis bibit pohon buah-buahan yang mudah tumbuh dan bertahan di musim kemarau.

 

“Ada sekitar 10 ribu bibit pohon di seluruh IUPJL ESL. Jenis pohon yang ditanam sesuai dengan penelitian dari Unram. Selain itu, PT. ESL juga bekerjasama dengan ketua harian dewan adat sasak, Lalu Bayu Windia membahas pembangunan Resort Ekowisata ala sasak di kawasan Hutan Sekaroh” tambah Mr. John. Hal ini akan berdampak pada pembangunan berkelanjutan.

 

“Kami sedang membangun resort yang khas dengan budaya sasak. Sehingga masyarakat bisa menikmati keindahan kawasan Hutan Sekaroh yang menjadi destinasi Wisata Pink Beach. Sasak resort ini rencananya akan dibangun di kawasan Pantai Pink bekerjasama dengan masyarakat sekitar, BUMDes dan dewan adat sasak dibauat original,” pungkas Mr. John.

 

Perpaduan sasak dan eco tourisem untuk interior Friend’s Village Resort yang terdiri dari 75 villa. Untuk mewujudkannya, PT. ESL juga bekerjasama dengan perguruan tinggi dalam dan luar negeri untuk memfasilitasi pengembangan hutan desa. Diantaranya bekerjasama dengan BUMDes untuk penataan lokasi parkir diatas kawasan pantai pink dan pembuatan lapak dibawah koordinasi BUMDes. Nantinya juga ada pengaturan parkir perahu dikawasan pantai pink untuk menyelamatkan terumbu karang dan mempersiapakn pelatihan bagi masyarakat setempat.

 

Dengan kerjasama ini, diharapkan dapat meningkatkan perekonomian dengan pengembangan periwisata yang berkelanjutan.

.

menuju #ntbramahinvestasi

.

=============================================

Untuk informasi lain terkait DPMPTSP Provinsi NTB dapat mengunjungi :

✓ Instagram : @dpmptsp.ntb

✓ Twitter : @dpmptsp_ntb

✓ Facebook : DPMPTSP Prov NTB

✓ Youtube : dpmptsp NTB

✓ Website : investasi-perizinan.ntbprov.go.id

 

@zulkieflimansyah | @biroadpimntb | @ntbprov | @mohammad_rum | @abywahyuhidayat

 

#investasi #ntbgemilang #ntbramahinvestasi #ntb #provntb #infontb #dpmptsp #dpmptspntb #zulrohmi #zulkieflimansyah #ummirohmi #mohammadrum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »