Peluang Besar Tenaga Kesehatan NTB Untuk Go Internasional

 

Menindaklanjuti hasil petemuan Bapak Gubernur NTB dengan Duta Besar Indonesia untuk Uni Emirat Arab Senin, 28 Juni 2021 bahwa peluang pengiriman perawat dari Indonesia ke UNI EMIRAT ARAB kini semakin meningkat. Peluang tersebut telah dilaporkan kepada Presiden RI pada Maret 2021. Terkait hal tersebut KBRI Abu Dhabi saat ini sedang memfasilitasi kerjasama antara REVITAL HOSPITAL UEA dengan PT. BINAWAN INTI UTAMA untuk melaksanakan investasi Training and Testing Center di Provinsi NTB. Investasi tersebut ditujukan untuk mengisi kebutuhan tenaga kesehatan di UEA dan Negara Negara GCC lainya, termasuk juga di Jerman, Kanada, Kuwait dan Jepang.

Kadis DPMPTSP NTB, Ir. H. Mohammad Rum, MT. sebagai salah satu peserta

Dalam sambutanya Gubernur mengatakan bahwa NTB sangat siap dengan potensi yang diharapkan oleh investor. Dari kesiapan lahan serta pemberian insentif serta kemudahan investasi Pemprov NTB juga sangat support. Kita memiliki potensi SDM baik Dokter, Perawat maupun bidan dari berbagai lembaga pendidikan dan perguruan tinggi. Tidak akan dipungut biaya apapun asalakan serius semua akan dipermudah. Gubernur mengharapakan rencana investasi ini segera terealisasi, agar anak NTB dapat berpartispasi di dunia internasional

Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, S. E., M. Sc., memberikan sambutan

 

 

Sementara itu Dirut PT. BINAWAN bapak Saleh Alwayni menyampaikan bahwa 50% pelayanan kesehatan ada ditangan perawat, yang jadi persoalan adalah kapasitas perawat yang harus memiliki standar internasional. Oleh karena itu piahaknya akan membangun pusat pendidikan dan pelatihan bagi tenaga kesehatan untuk mencapai standar internasional. Disampaikan pula bahwa peran perawat diluar negeri kini sudah sebagai mitra dokter, bukan lagi pembantu dokter, ini akan kita wujudkan bagi perawat-perawat NTB. Pihak Binawan juga berkomitmen untuk melakukan knowledge transformation atau transfer pengetahuan kepada tenaga kesehatan NTB.

Kaitan dengan itu pihak DPMPTSP ditunjuk selaku koordinator penyiapan proses investasi yang sangat menjanjikan ini. Kepala Dinas H. Muhammad Rum menyatakan siap dan akan mengkoordinasikan segala sesuatu dengan timeline terukur agar segera terwujud.

 

#ntbgemilang #ntbramahinvestasi #dpmptspntb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »