Podcast Suara NTB Investasi Menuju NTB Gemilang

Investasi sebagai bentuk ikhtiar pemulihan pertumbuhan ekonomi menuju NTB Gemilang. Investasi merupakan akar dari segala upaya untuk memulihkan dan menumbuhkan perekonomian terutama pasca Pandemi Covid 19.
Kepala Dinas DPMPTSP Provinsi NTB Ir. H. Mohammad Rum, MT didampingi H. Agus Talino dari Suara NTB selaku host melaksanakan Podcast dengan tema Investasi Menuju NTB Gemilingan. Kamis, 28 Juli 2022. Bertempat di Ruang Redaksi Suara NTB.

Pada Kesempatan Podcast kali ini H. Rum menyampaikan kilas balik capaian realisasi investasi Provinsi NTB tahun 2021 yang dianggap positif mencapai target yang dibebankan pusat. Hal itu tidak terlepas dari bebrapa event international yang diadakan di NTB. Pak H. rum juga optimis untuk tahun 2022 ini Pemerintah Provinsi NTB akan Kembali mencapai target realisasi investasi walaupun Target realisasi di tahun 2022 naik sebesar 40 % dari target tahun sebelumnya.

Beliau juga menyampaikan saat ini ada beberapa hambatan yang terjadi pada proses pelaporan LKPM pada aplikasi dimana adanya migrasi data dari aplikasi lama ke aplikasi yang baru. Sehingga mempengaruhi capaian realisasi investasi di Triwulan II.

Saat ini realisasi investasi di Provinsi NTB didominasi oleh 3 sektor investasi yaitu Sektor Pariwisata, pertambangan, dan perhubungan. Untuk Kabupaten Penyumbang realisasi investasi terbesar adalah Kabupaten Sumbawa Barat, Dompu, Kabupaten Lombok Tengah.
Untuk mendukung Pertumbuhan Perekonomian Masyarakat Pemerintah Provinsi berupaya agar para investor untuk memprioritaskan Tenaga Kerja Lokal sebagai tenaga kerja serta melakukan kemitraan dengan UMK masyarakat yang ada disekitar. Hal ini sejalan dengan harapan Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, SE, M.Sc bahwa pada saatnya nanti warga local benar-benar siap menjadi bagian daripada investasi, bukan hanya menjadi pekerja kasar saja tetapi harapannya nanti bisa menduduki tempat-tempat yang strategis dalam perusahaan.

Untuk mendukung itu tentunya Lembaga Pendidikan dapat memberikan pendidikan dan pelatihan kepada generasi muda di NTB sebagai persiapan menjadi tenaga kerja lokal yang tentunya memiliki kemampuan dan kompetensi.
Untuk kondisi investasi saat ini Pak haji rum menyampaikan sudah banyak investor yang berminat melakukan investasi di NTB hal ini tidak terlepas dari adanya event international seperti MotoGP dan WSBK. Investor-investor tersebut sudah mulai melirik proyeksi strategis yang ada di NTB. Mulai dari Proyeksi yang ada KLU Global Hub, Mandalika, Gunung rinjani yaitu kereta gantung, Labangka dengan Potensi Jagung, Lunyuk dengan Potensi investasi.

Selain karena dampak event pemberian kemudahan investasi bagi para investor juga menjadi daya Tarik untuk berinvestasi di NTB. Kemudahan tersebut salah satunya adalah keringanan dan pembebasan pajak dan retribusi, percepatan pemberian dan kemudahan proses perizinan, jaminan penyelesaian permasalahanan investasi.

Pemerintah Provinsi saat ini sudah memiliki Satgas Percepatan investasi Tugasnya adalah untuk membantu menyelesaikan permasalahan perusahaan yang terjadi di daerah.
Moto NTB Ramah investasi adalah salah satu program unggulan untuk memastikan investor mendapatkan pelayanan terbaik untuk berinvestasi di NTB. pemberian pelayanan secara cepat, mudah dan transparan serta gratis.

.
.
============================================
Untuk informasi lain terkait DPMPTSP Provinsi NTB dapat mengunjungi :
✓ Instagram : @dpmptsp.ntb
✓ Twitter : @dpmptsp_ntb
✓ Facebook : DPMPTSP Prov NTB
✓ Youtube : dpmptsp NTB
✓ Website : investasi-perizinan.ntbprov.go.id
@zulkieflimansyah | @biroadpimntb | @ntbprov | @mohammad_rum | @abywahyuhidayat
#investasi #ntbgemilang #ntbramahinvestasi #ntb #provntb #infontb #dpmptsp #dpmptspntb #zulrohmi #zulkieflimansyah #ummirohmi #mohammadrum

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »
error: Content is protected !!