PENGUSAHA ASING UDKUNG PELABUHAN GILI MAS

MATARAM-Sejumlah pengusaha kapal pesiar asing menyambut baik keberadaan Pelabuhan Gili Mas. Saat ini pelabuhan tersebut masih dalam pengerjaan oleh Pelindo III Cabang Lembar. Keberadaan pelabuhan ini diyakini akan mendorong makin banyaknya kapal pesiar yang datang ke Lombok. “Antusias kapal pesiar pasti akan meningkat kalau sudah bisa langsungsandar di dermaga tanpa harus turunkan penumpang di tengah laut dengan sekoci,kata seorang perwakilan pengusaha perkapalan asal Amerika Serikat Sujanan saat diskusi singkat Senin lalu.

Ia menilai, keberadaan pelabuhan sangat penting. Keberadaan pelabuhan akan mendorong kedatangan kapalpesiar, yang pada akhirnya berujung pada makin bergairahnya pariwisata di NTB. Apalagi NTB memiliki banyak pendukung pariwisata yang selama ini dicari wisatawan mancanegara. “Kalau Pelabuhan Gili Mas beroperasi saya yakin akan semakin banyak kapal pesiar ke Lombok,” jelasnya.

Pelabuhan Gili Mas merupakan proyek yang dikerjakan langsung PT Pelabuhan Indonesia III (Persero). Proyek ini menghabiskan anggaran Rp 1,3 triliun. Nantinya pelabuhan ini dapat digunakan untuk bongkar muat kapal pesiar dan kapal barang.”Pelabuhan Gili Mas akan mampu disandari kapal berukuran besar, termasuk kapal pesiar,” kata General Manager Cabang Lembar Made Rusli Suniajaya di kantornya kemarin (21/2).

la merangkan, antusiasme wisatawan kapal pesiar untuk singgah di Lombok cukup tinggi.Awal tahun ini saja, sudah ada tiga kali kunjungan kapal cruise ke Lombok.”Bahkan MV Volendam asal Belanda ini sudah singgah beberapa kali di Lombok,” tuturnya.Kapal asal belanda ini membawa wisatawan mancanegara sebanyak 1.366 orang dengan crew kapal 623 orang. Kapal Volendam yang dinah kodai Capt. Turner Christopher Michael ini sebelumnya berlayar dari Pulau Komodo dan tujuan selanjutnya ke Benoa Bali. Kapalini tiba di Pelabuhan Lembar pukul 7.30Wita dan berangkat kembali pukul 20.00 Wib.

Kapal ini memiliki kapasitas penumpang sebanyak 1432 orang. MV Volendam adalah hotel berbintang di atas air dengan fasilitas yang dimiliki ada casino, ocean bar, theater,frans hals show lounge,fitnes, spa dan salon.Kedatangan penumpang kapal disambut tarian adat Lombok Gendang Beleq pada saat wisman turun dari sekoci kapal milik MVVolendam. Ada beberapa penumpang yang mengabadikan atraksi budaya ini dengan kamera yang mereka pegang. Para penumpang kapal ini kemudian diajak ke sejumlah lokasi wisata yang ditawarkan travel agen dengan rute yang berbeda-beda. (nur/r3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »