PARIWISATA DORONG PERTUMBUHAN EKONOMI

MATARAM- Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke NTB berpotensi meningkatkan per- tumbuhan ekonomi hingga 2,02 persen per tahun. Disamping itu juga dapat mendorong penyerapan tenaga kerja sebesar 2,99 persen per tahun.”Karena itu kami terus mendorong agar sektor pariwisata ini terus dikembangkan kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Achris Sarwani pada Lombok Post di kantornya kemarin (3/4).

Selama ini sektor pariwisata dinilai terus berkembang. Sehingga terus memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian daerah. Terutama dalam pengembangan ekonomi kreatif dan penyerapan tenaga kerja. Namun pembangunan sektor pariwišata,diharapkan tidak sampai meninggalkan sektor lainnya. Terutama sektor-sektor ekonomi yang selama ini menopang ekonomi masyarakat, seperti pertanian, perikanan, perdagangan dan sebagainya.Justru sektor pariwisata diharapkan mampu menopang sektor-sektor tersebut. Sinergisitas antara sektor pariwisata dan sektor lainnya, dinilai Achris bakal mampu memberi kontribusi lebih baik terhadap perkembangan ekonomi masyarakat.”Ini telah dilakukan oleh pemprov, dan tentu harus didukung,” tegasnya.Ke depan dia memperkirakan, sektor pariwisata akan terus menjadi pendorong ekonomi NTB. Apalagi saat ini sektor pariwisata terus berkembang.

Diakui, saat ini kontribusi sektor pariwisata belum begitu signifikan dalam mendorong perekonomian NTB. Tapi ke depannya jika sektor ini digarap lebih serius maka, kontribusi sektor pariwisata akan jauh lebih besar lagi. (nur/r3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »