Uncategorized

Listrik NTB Semakin Andal

MATARAM-Keandalan listrikan NTB sudah terjamin. Bahkan PLN memiliki cadangan daya hingga 20 persen, Dengan dava yang melimpah. NTB Sangat Siap kedatangan para investor, “Iérmasuk Inendukung event MotoGP 2021, ‘Kami sudah siapkan.” kata General manager PLN Unit Induk wilayah (UIW) Rudi purnomolo. Dalam kunjungan itu’. dia banvak menyampaikan kemajuan sektor Semua publik agar tidak khawatir soal kelistrikan, peran media sangat penting daiam menyebarluaskan informasi tersebut ke masvarakat (Lombok Post) merupakan media utama di NTB.” uiarnya. dalam kunjungan itu, rombongan Post PLN diterima direktur Lombok pos Alfian yusni general manger haliludin dan pimpinanan redaksi jony marthadinata.  Rudi mengakatan tahun ini pln UIW NTB berhasil Meningkatkan penjualan sebesar 5,5 persen. pada kurtal I tahun 2019. HaI ini tidak lepas dari upaya PLN memudahkan masyarakat dalam mendapatkan listrik dan meningkatkan kineria operasi.Pada kuartal I 2019 pertumbuhan meningkat Sebesar 32 terra Watt Hour (TWH) dibanding tahun sebeiunnnva. Tércatat pada kuartal I tahun 2018. penjualan listrik sebesar 382 TWH. Meningkat 615 TWH pada kuartal I tahun 2019. Peningkatan penggunaan listrik menunjukan tingkat komsumsi listrik masyarakat meningkat.

“Ini sinyal positif ekonomi masyarakat NTB terus tumbuh.” ujar Rudi.  Selain pertumbuhan ekonomi faktor lain vang mendukung peningkatan penjualan listrik adalah terus meningkatnva rasio elektrifikasi. Sepanjang tahun 2018. rasio elektrifikasi NTB mengalami pertumbuhan 10 persen dari 82 persen pada 2017. Artinva meningkat 92 persen di 2018. ” pada akhir kuartal I tahun 2019 menjadi 95.8 persen. katanya. Peningkatan rasio elektrifikasi listrik desa (lissa). Yakni dengan melakukan jaringan “listrik ke daerah .daerah terpencil vang belum teraliri listrik. Ditambah program subsidi untuk daerah terdepan. terluar. dan tertinggal (3T). Ia menambahkan tahun 2018 ditutup dengan 100 persen desa di NTB terlistriki. ltu setelah  desa Sarae Ruma dan Desa Pusu di Kabupaten Bima berhasil kami listriki, ini PIN sedang membangun jaringan listrik ke Dusun punik Kecamatan Batu lanteh Sumbawa.

Untuk memenuhi kebutuhan listrik di NTB. tahun 2019. beberapa pembangkit baru akan beroperasi. Antara Iain PLT. MGU Lombok peaker berkapasitas 150 MW. PLTU Sumbawa Barat berkapasitas 2×7 MW. serta PLTMG Sumbawa dan PLTMG Bima masing-masing penambahan pasokan daya diharapkan beri dukungan pada peningkatan perekonomian masvarakat hingga industri. Dia mengundang para ivestor membangun di NTB khawatir dengan masalah listrik. PLN akan siapkan berapapun kebutuhannya. Pasokan listrik Rudi. Direktur I.ombok Post AL fian Yusni berharap, pelayanan PLN semakin bagus dan perusahaan semakin jaya. la berharap Manajemen PLN depan mempererat kemitraan dengan Iombok post. Dengan demikian pelayanan PLN juga
semakin baik ke depan. (ili/r5)

 

Sumber :Lombok Post Rabu.  26 JUNI  2019

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »