Pelabuhan Gili Mas Segera Beroperasi

November, Kapal Pesiar Mulai Sandar

GIRI MENANG-Mega proyek pembangunan Pelabuhan Gili Mas di Desa Labuan Tereng, Kecamatan Lembar, Lombok Barat terus dikebut. Upaya percepatan ini untuk mengejar target operasional di awal tahun 2020. Bahkan, rencananya, November mendatang pelabuhan ini sudah siap menerima kedatangan kapal pesiar. ‘Melihat progress Gili Mas ini sangat membahagiakan. November besok, pelabuhan sudah siap menerima merapatnya kapal Cruise (kapal pesiar, Red),” kata Wakil Gubernur NTB Hj Sitti Rohmi Djalillah saat berkunjung ke pelabuhan tersebut, kemarin (23/7).

Kapal pesiar yang akan bersandar di Pelabuhan Gili Mas dikatakannya membawa 1.000 hingga 6.000 penumpang di dalamnya. Ini menjadi potensi yang luar biasa untuk pariwisata NTB. Untuk itu, Rohmi meminta manajemen lebih menyiapkan diri dari segala aspek. Mulai dari sarana prasarana hingga SDM. Rohmi juga megorot persoalan sampah kaitannya dengan program Zero Waste yang gencar digaungkan Pemprov NTB. “Pengelolaan sampah, pengelolaan air, keselamatan, dan lingkungan harus jadi perhatian. Servis yang terbaik harus diutamakan,” pesannya. Kehadiran Gili Mas ditegaskannya akan berdampak positif terhadap ekonomi masyarakat.Karena pelabuhan ini merupakan pintu masuk bagi orang dari seluruh dunia yang ingin datang ke NTB. Kehadiran pelabuhan ini juga memberikan dukungan terhadap penyelenggaraan MotoGP 2021.

“Kami minta pemerintah daerah, manajemen Pelindo dan semua stakeholder terkait menyiapkan diri.  Sehingga ketika even itu (MotoGP) sudah dimulai, kita sudah ready sebaik-baiknya,” jelas wanita yang juga pernah menjabat Rektor Universitas Hamzanwadi itu. Rohmi secara khusus meminta pihak Pelindo melibatkan masyarakat lokal sebagai tenaga kerja di Pelabuhan Gili Mas. Karena sejauh ini diketahuinya keberadaan tenaga kerja di pelabuhan ini masih 50 persen. “Kita harapkan ke depan bisa lebih, ” ujarnya. Sementara Manager of Project Control Gili Mas Andi Yudha Wibawa menjelaskan di akhir tahun ini ada delapan kunjungan kapal pesiar yang akan datang. Tepatnya empat kapal pesiar di November dan empat sisanya di Desember.  Terkait dengan kesiapan tersebut, pihak Pelindo sudah melakukan upaya percepatan. Andy menjelaskan, progres dermaga Pelabuhan Gili Mas hingga kemari baru mencapai 92 persen. Ini akan dioptimalkan untuk soft opening bagi kapal pesiar yang sandar November mendatang. “Kalau 100 persen kemungkinan di Bulan Januari. Tapi Nopember nanti sudah ada empat kapal pesiar yang akan datang,” ucapnya. Sesuai jadwal, kapal pertama yang akan bersandar di Pelabuhan Gili Mas ini nantinva adalah Sun Princéss dengan ukuran 260 meter. Kapai ini disinyalir akan membawa 1.000 wisatawan. (ton/r3)

 

Sumber : Lomok Pos, Rabu, 24 juli 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »