Dinakhodai Bang Zul dan Ummi Rohmi, NTB Jadi Provinsi Terinovatif 2021

Dinakhodai Bang Zul dan Ummi Rohmi, NTB Jadi Provinsi Terinovatif 2021

 

Kerja keras Gubernur dan Wakil Gubernur NTB Bang Zul dan Ummi Rohmi membawa kemajuan di NTB dalam waktu 3 tahun masa kepemimpinan mereka semakin terbukti. Berkat tangan dingin mereka, Provinsi NTB dinobatkan sebagai Provinsi Terinovatif Tahun 2021. Anugerah Innovative Government Award (IGA) itu diberikan secara langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian di Gedung Sasana Bhakti Praja Kantor Pusat Kemendagri (29/12/21).

 

Selain Provinsi NTB, terdapat pula empat provinsi lain yang dinobatkan sebagai Provinsi Terinovatif, yakni Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Timur dan Provinsi Jawa Tengah.

 

“Syukur atas penghargaan yang telah diberikan. Ini adalah bentuk penilaian apresiasi pusat terhadap semangat dan keberhasilan inovasi daerah ntb. Dengan penghargaan IGA 2021 ini semakin memotivasi kami Pemda NTB untuk melakukan peningkatan layanan publik dan tata kelola pemerintah dan pembangunan di daerah. Semoga kedepan semua potensi yang ada di NTB bisa kita jadikan ladang inovasi untuk membawa NTB lebih Gemilang kedepan,”  ucap Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc yang akrab disapa Bang Zul.

 

“Sejak pandemi melanda, memang dua hal tersebut menjadi perhatian khusus Pemprov NTB. Karena itu berbagai program terobosan dan inovasi terus ditingkatkan bagi IKM dan UMKM. Karena kita tahu pelaku usaha IKM dan UMKM ini jumlah besar dan paling tahan banting namun mereka ini tetap perlu didukung oleh pemerintah daerah,” terangnya.

Lanjutnya, pandemi covid-19 merupakan suatu bentuk keberkahan yang terselubung sehingga dapat dijadikan sebagai motivasi dalam membangun daerah. “Kita juga disapa oleh pandemi yang tidak gampang, tapi pandemi menjadi blessing in disguise yang memaksa kami hadir dengan cara-cara yang tidak biasa demi melayani masyarakat dan menghasilkan hasil yang lebih baik,” jelasnya.

 

IGA Award diadakan untuk memotivasi pemerintah daerah agar terus berinovasi dengan meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerahnya. IGA Award diharapkan bukan hanya sekedar seremonial, tetapi dapat memberikan iklim kompetitif antar daerah dalam membangun daerahnya. “Kita harapkan dengan adanya kegiatan ini, bukan sekedar seremonial, tapi akan memberikan iklim yang kompetitif antar daerah untuk saling berlomba dalam membuat terobosan-terobosan kreatif dan betul-betul menunjukkan kemampuan leadership yang kuat,” tutur Mendagri Tito Karnavian.

Pada anugerah tersebut, Provinsi NTB masuk dalam kategori Provinsi yang sangat inovatif bersama 6 provinsi lainnya. Dan Provinsi NTB kembali terpilih menjadi Pemda Terinovatif bersama empat provinsi lain setelah melalui berbagai tahapan, yaitu tahapan penjaringan, tahapan pengukuran, tahapan penilaian, validasi lapangan, hingga penetapan dan pemberian penghargaan. Adapun lebih dari 80 inovasi daerah yang didaftarkan dan dinilai menjadi faktor penentu penilaian akhir. NTB Care, NTB Satu Data, dan Samsat Apps merupakan contoh inovasi daerah yang menyumbang poin tinggi dalam penilaian IGA 2021. (Arifuddin)

Salam Investasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »