BeritaKegiatan

Rakor Teknis GWPP Tahun 2022

Rakor Teknis GWPP Tahun 2022

Menteri Dalam Negeri RI, Muhammad Titto Karnavian berkesempatan membuka rakor teknis Pelaksanaan Tugas dan Wewenang Gubernur Wakil Pemerintah Pusat (GWPP) di Nusa Dua Bali (27/01/2022). Kegiatan yang diinisiasi oleh Ditjen Adwil Kemendagri RI dihadiri oleh beberapa Gubernur, seluruh satuan kerja GWPP yang terdiri dari Biro Pemerintahan, Inspektorat, Bappeda dan DPMPTSP seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Mendagri menyampaikan bahwa perkembangan penyelenggaraan pemerintahan di Indonesia mengalami pergeseran dari sentralisasi menjadi dekonsentrasi sebagai diatur dalam UU 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. Di dalam penyelenggaraan pemerintahan, terdapat urusan yang bersifat absolut maupun pilihan. Dengan adanya dekonsentrasi, maka terjadi pendelegasian sebagian kewenangan dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah.

Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat, didasarkan pada dekonsentrasi, dimana terjadi pendelegasian kewenangan untuk mengatur, membina dan mengawasi pemerintahan di daerah. Dengan adanya GWPP, Gubernur diharapkan mampu bertindak sebagai jembatan penghubung antara pemerintah pusat dengan pemerintah kabupaten/kota.

#ntbgemilang #ntbramahinvestasi #rakor #rapatkoordinasi #rapatgwpp #gwpp #dpmptsp #dpmptspntb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »