BeritaKegiatanTerkini

Jum’at Salam Edisi 2 Tahun 2024 DPMPTSP Prov. NTB Kunjungi Desa Sukaraja Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Timur

Lombok Tengah-Kegiatan Jumpai Masyarakat Selesaikan Aneka Persoalan (Jumat Salam) telah memasuki edisi ke II di tahun 2024. Saat ini tim DPMPTSP Provinsi NTB mengunjungi Desa Sukaraja Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah, pada Jumat (26 Januari 2024).

Kepala Desa (Kades) Sukaraja yakni Purnama bersama perangkat desa hadir dalam menyampaikan beberapa permasalahan meliputi kemiskinan dan kekeringan yang sedang melanda wilayah tersebut.

Terdapat 882 jiwa masyarakat miskin yang terdata. Beberapa bantuan diterima masyarakat dari berbagai sumber, namun Kades Purnama menyayangkan dalam pelaksanaan bantuan yang diberikan terkadang tanpa melalui proses yang sesuai prosedur sehingga tidak dapat dikendalikan dan dipertanggungjawabkan.

Terhadap permasalahan tersebut, Tim DPMPTSP Prov. NTB menampung keluhan masyarakat Desa Sukaraja untuk bisa ditindaklanjuti dan dilaporkan ke pimpinan.

Permaslahan selanjutnya yang disampaikan yakni kekeringan. Purnama menjelaskan “pemerintah telah memberikan bantuan dengan membuat sumur bor untuk dimanfaatkan oleh masyarakat setempat. Berdasarkan data Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), jumlah sumur bor sebanyak 21 unit dimana 4 unit merupakan bantuan Dinas Pertanian dan selebihnya dari Dinas PUPR. Namun lokasi sumur bor tersebut berada di lahan pribadi masyarakat sehingga dalam pelaksanaannya dirasa tidak sesuai dengan peruntukannya.

Kepala Sub Bagian Umum DPMPTSP NTB Novi Haryanto, S.Adm memberikan masukan agar lokasi pembangunan sumur bor harus dilaksanakan di sekitar kantor desa atau masjid setempat agar penggunaannya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum.

Selanjutnya permasalahan jembatan penghubung Desa Sukaraja dengan Desa Mujur yang terletak di Dusun Sukaraja 1. Masyarakat Sukaraja telah mengusulkan ke BPBD Kabupaten Lombok Tengah, namun sampai saat ini belum ada respon. Terhadap permasalahan tersebut, Tim DPMPTSP NTB mengusulkan agar melalui jalur dana Belanja Tak Terduga (BTT) yang ada di BPBD Prov. NTB. Selain itu pemdes dapat menggunakan Anggaran Dana Desa untuk di usulkan pada musyawarah desa demi kepentingan masyarakat banyak.

Disamping permasalahan, potensi juga di miliki desa sukaraja sebagai unggulan, meliputi pertanian padi, tembakau dan bawang merah serta melon.

===========================================
Untuk informasi lain terkait DPMPTSP Provinsi NTB dapat mengunjungi :
✓ Instagram : @dpmptsp.ntb
✓ Twitter : @dpmptsp_ntb
✓ Facebook : DPMPTSP Prov NTB
✓ Youtube : dpmptsp NTB
✓ Website : investasi-perizinan.ntbprov.go.id

@lalugitaariadi | @biroadpimntb | @ntbprov | @abywahyuhidayat

#ntbmajumelaju #investasi #ntbramahinvestasi #ntb #provntb #infontb #dpmptsp #dpmptspntb #abywahyu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »