BANGUN MENDTAL GENERASI DAN BERHARAP DUKUNGAN INVESTOR

Dompu (Suara NTB) Pariwisata merupakan sektor yang dapat memberikan multiplier effect bagi kemajuan dan pembangunan di suatu wilayah. Pariwisata di Dompu selain karena Sumber Daya Manusia (SDM) pelaku pariwisata dan birokrasi. masalah aksesibilitas dan akomodasi masih menjadi kendala yang utama dirasakan. Pemerintah pun mendorong investor untuk mendukung kemajuan pariwisata di Dompu yang kaya akan potensi alam dan budaya.

bupati dompu. Drs H. Bambang M. Yasin bebera waktu lalu mengaku, pariwisata memiliki banyak dampak ikatan. Karena pariwisata, tidak hanya membangun dan menata sumber daya alam (SDA), tapi juga harus membangun sumber daya manusia (SDM) untuk lebih terbuka, toleran, responsif, kreatif, berpikiran maju, tapi juga memiliki budi pekerti yang baik. Untuk mencapai ini, tidak cukup dengan 1-2 tahun, tapi butuh waktu yang tidak sebentar.

Pembangunan Dompu dengan misi, menjadikan masyarakat Dompu yang mampu membayar akan mengarah pada pembangunan SDM-nya. Untuk bisa membayar masyarakat harus memiliki uang yg cukup dan itu diperoleh dari hasil kerja, program tebu, pariwisata,sapi,jagung, rumput laut (TERPIJAR) yang digalakkan pemerintah mulai memberikan hasil. Uang jagung sudah berhasil menggerakkan ekonomi masyarakat, Ditambah dengan uang tebu, uang sapi, dan rumput lain akan semakin menggeliatkan ekonomi di daerah.

Ketika perekonomian menggeliat, masyarakat tentu akan mencari suasana dan tempat rekreasi. Kabupaten Dompu memiliki banyak sumber daya alam (SDA) walaupun saat ini belum banyak ditata dan dibenah untuk mendukung sebagai daerah pariwisata Penataannya tidak hanya cukup pada obyeknya, tapi juga harus didukung dengan kesadaran masyarakat di sekitarn Sehingga para wisatawan menjadi nyaman dan memili kembali berkunjung dan membawa tantangan kedepan,kata H. Bambang ndanya dukungan investor.

Bupati Dompu juga berharap untuk mendukung tersedianya akomodasi yang memadai di Dompu. Karena pariwisata tidak hanya terkait SDA, dan SDM, tapi juga harus didukung sarana Diantaranya akomodasi, transportasi, termasuk kuliner dan cinderamata. Untuk akomodasi perhotelan di Dompu belum ada yang representatif Kita berharap ada investor yang serius membangun hotel yang representatif. Tidak hanya tempat penginapan, tapi juga menyediakan ruang rapat skala besar,” harapnya M. t, salah seorang pelaku ekonomi kreatif berharap,adanya tempat promosi yang berkelanjutan walaupun dengan skala kecil bagi pelaku ekonomi kreatif dan produk ekonomi ke Dompu-an. Dengan demikian, setiap tamu akan mudah menemukan produk unggulan Dompu sebagai buah tangan dan tempat ini tentunya sangat diharapkan berada dalam Kota.Senada dengan M. Iradat, Muhammad salah seorang warga Dompu, mengaku, Dompu sebagai daerah yang sedang menggeliat ekonominya harus juga diperhatikan pemerintah untuk kebutuhan tamu daerah Salah satu kekurangan dan menjadi keluhan tamu. selain tidak adanya penginapan juga kesulitan mencari makanan saat malam hari di Dompu Pemerintah mungkin perlu menyiapkan lokasi untuk pasar malam yang menampung berbagai kuliner,” harapnya. (ula)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »
error: Content is protected !!