TGB Yakin Emir Qatar Serius

Terkait Investasi diKEK Mandalika

 

MATARAM Pemprov NTB yakin Emir Qatar punya komitmen kuat untuk berinvestasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Terutama setelah Gubernur NTB TGB HM Zainul Majdi mengunjungi Emir Qatar Syeikh Tamim bin Hamad Al-Thani di Istana Amir di Doha, awal Desember lalu. Mereka sudah siap investasi, cuma seperti apa.harus dibicarakan dengan ITDC,” kata Gubernur NTB TGB HM Zainul Majdi. Lahan yang disediakan PT ITDC di KEK Mandalika antara 150-200 hektare, di kawasan sebelah timur. Semua syarat untuk investasi yang ditanyakan sudah siap. Mulai dari bandara internasional yang jarak tempuhnya hanya 20 menit dan infrastruktur sedang dirapikan.

Kemudian dari sisi regulasi semua sudah lengkap.Kunjungan wisatawan juga terus meningkat.”Beliau (Emir Qatar) sangat komit untuk investasi, sangat-sangat serius,”kata Gubernur yang akrab disapa TGB itu. Setelah pertemuan itu,maka selanjutnya PTITDC akan menindaklanjuti kerja sama dengan Qatar Investment Authority (QIA). Kedua perusahaan negara itulah yang akan memproses kerja sama selanjutnya. Ia optimis rencana investasi itu terealisasi.

Optimisme itu juga didasari karena KEK Mandalika merupakan salah satu dari empat destinasi prioritas nasional untuk dikembangkan sebagai Bali baru. Tiga lainnya adalah Labuhan Bajo, Borobudur, dan Dana Toba. “Itu menunjukkan komitmen kebijakan dan anggaran untuk pariwi- sata kita,” kata TGB. Terpisah, Humas PT ITDC Adi Sujono mengatakan, hingga saat ini belum ada tim dari Qatar yang datang berkunjung ke KEK Mandalika. Rencananya, minggu ini, ada investor dari Qatar akan datang meninjau. Tapi hingga kemarin belum ada konfirmasi lagi Itupun belum dipastikan apakah investor utusan Emir Qatar atau bukan  Bisa jadi investor Qatar lain yang mendapatkan informasi sendiri. “Belum ada, sampai hari ini belum ada,” kata Adi. Sebagai bentukkesiapan, ITDCtengahmempercepat pembangunan infrastruktur. Progres pengerjaan infrastruktur sudah terkontrak 90 persen. Seperti jalan hotmix, pembentukan badan jalan. Untuk saat ini, ITDC fokus menata bagian barat Mandalika. Seperti pembangunan akses jalan ke Hotel Pullman, ClubMed, Royal Tulip, X2, dan Hotel Paramount. Demikian juga dengan penataan Pantai Kuta sudah 90 persen terkontrak. “Serah terima April 2018, baru setelah itu dibuat jalan lagi di sebelah timur,”terangnya. (ili/r7)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »