promosi

ITDC Didorong Kembangkan Sport Tourism

Praya (Suara NTB)-Kawasan Ekonomi Khusus(KEK) Mandalika yang kini dikelola Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) nyatanya tidak hanya kaya akan potensi wisata bahari saja. Kawasan ini ternyata juga memiliki potensi yang luar biasa untuk dikembangkan sebagai sport tourism. Hal itu dikui Ketua umum KONI NTB, H. Andi Harianto, kepada Suara NTB, di Praya, Minggu (4/3).

IT DC dalam hal ini didorong untuk mengembangkan segmen usahanya. Tidak hanya terpaku pada wisata bahari saja. Tetapi juga bisa mengembangkan sport tourism. “Potensi untuk itu ada di KEK Mandalika. Dan,tidak hanya satu jenis olahraga saja. Tetapi banyak jenis sport tourism yang bisa dikembangkan,” ujarnya.

Katakan saja, olahraga voli pasir atau voli pantai. Kemudian ada paralayang, triathlon, lari dan olahraga air Apalagi olahraga-olahraga jenis tersebut, saat ini tengah berkembang begitu pesat dan banyak diminati masyarakat dunia Sehingga akan sangat menjanjikan kalau kemudian KEK Mandalika dikembangkan sebagai kawasan Sport Tourism.

Dengan begitu kedepan wisatawan yang datang ke KEK Mandalika tidak hanya untuk berwisata saja. Tetapi juga untuk berolahraga. Karena memang kawasan tersebut juga menyediakansport tourism sebagai salah satu deswisata yang “Jadi kalau kemudian potensi tersebut tidak dikembangkan. Karena sekarang tidak semua wisatawan datang hanya karena ingin berlibur mencari ketenangan. Olahraga juga bisa menjadi alasan bagi wisatawan untuk datang kesatu daerah,” terang Andi. Apalagi di dunia sport tourism sekarang ini sedang berkembang sangat pesat. Banyak negara yang juga mengembangkan sport tourism sebagai salah satu daya tarik untuk menarik minat wisatawan mancanegara khususnya untuk datang ke negaranya. Dan, nyatanya cukup berhasil menarik wisatawan.”Sekarang potensi sudah ada, tinggal dikembangkan,” timpalnya. Dalam hal ini, ITDC juga hendaknya jangan setengah-setengah kalau mau mengembangkan sport tourism.

Fasilitas yang dibangun haruslah yang berstandar internasional. Supaya wisatawan mancanegara semakin tertarik untuk datang dan berkunjung ke KEK Mandalika. Apalagi KEK Mandalika merupakan kawasan wisata internasional. Jadi fasilitas sport tourism nantnyajuga yang standar intenasional. Yang bisa menarik minat wisatawan mancanegara untuk datang berolahraga dikawasan ini.”Beberapa hari yang lalu.saya sempat membawa tim biding PON 2024 ke KEK Mandalika, dan mereka mengakui potensi yang dimiliki kawasan ini begitu luar biasa,”tandas pria asal Lombok Timur (Lotim) (kir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »