promosi

PLN Bangun Kabel Laut 20 KV ke Gili Gede

Mataram (Suara NTB) – PLN Wilayah NTB tengah membangun infrastruktur kelistrikan untuk mengalirkan listrik ke salah satu pulau destinasi wisata potensial Gili Gede, Sekotong, Lombok Barat.  Kabel laut 20 kilovolt (kv) sepanjang 2 x 2,4 km akan disambungkan.

Sulitnya medan dan terbatasnya alat transportasi menjadi tantangan besar PLN untuk mengalirkan listrik ke pulau kecil itu. PLN harus bekerja lebih keras untuk memenuhi kebutuhan listrik rumah tangga bagi 450 kepala keluarga yang berada di pulau tersebut.

General Manager PLN Wilayah NTB Mukhtar ditemui di Dinas ESDM Provinsi NTB, Kamis (22/2) kemarin ia mengungkapkan, tantangan paling besar yang dihadapi saat memenuhi listrik ke wilayah-wilayah terpencil adalah medan yang sulit dan alat transportasi yang terbatas.

Untuk listrik ke Gili Gede misalnya, pengangkutan peralatan kelistrikan dilakukan dengan cara-cara tradisional. Yaitu menggunakan tongkang sederhana yang ditarik oleh sebuah kapal kayu. Untuk menaikan seluruh peralatan, seperti gulungan kabel, trafo dan tiang juga dilakukan secara manual dengan digotong atau menggunakan gerobak.

‘’Hal ini membuat proses pengangkutan dan pembangunannya lebih lama. Karena kapal dan peralatannya sederhana, tentu kami harus lebih hati-hati. Ombak besar sedikit, tentu menaikkan peralatan ke kapal lebih sulit. Bahkan terkadang kami harus menunda pengangkutan sampai cuacanya membaik,’’ kata Mukhtar.

Begitu juga saat tiba di Gili Gede. Seluruh peralatan diangkut dari dermaga menuju lokasi pemasangan menggunakan gerobak, bahkan terkadang harus digotong oleh beberapa petugas. Pasalnya, selain akses jalan yang kecil, di Gili Gede pun tidak ada angkutan roda empat (mobil).

‘’Kami akan menyambungkan 2 kabel sekaligus. Satu sebagai cadangan, sehingga jika ada gangguan, penyaluran listrik bisa dialihkan. Selain itu, kalau pertumbuhan beban tinggi, kami juga tetap bisa penuhi,’’ terang Mukhtar.

Gili Gede merupakan salah satu pulau yang memiliki potensi, khususnya di bidang perikanan dan pariwisata. Sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai nelayan dan budidaya ikan laut. Beberapa penduduk juga memiliki homestay yang disewakan kepada wisatawan. Saat ini, penduduk Gili Gede menggunakan genset untuk memenuhi kebutuhan listriknya. Oleh karena itu, kehadiran listrik PLN ini juga akan meningkatkan perekonomian masyarakat Gili Gede. (bul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »