SIRKUIT MOTO GP KIAN NYATA

Siapkan Lahan 120 Hektare PRAYA-Tidak tanggung-tanggung Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) di Praya Lombok Tengah, menyediakan sirkuit balap kelas dunia MotoGP. Luasnya mencapai 120 hektare (ha). Investornya asal Perancis, bernama Vinci Group, sebuah perusahaan yang bergerak dibidang kontraktor dan airport terbesar dunia. ” Mereka memiliki kawasan tersendiri, di dalam kawasan ekono-mi khusus (KEK) Mandalika Resort,” kata Direktur Utama ITDCAbdulbar M Mansoer, kemarin (18/4) usai menerima lawatan Menteri BUMN Rini Soemarno di Desa Kuta, Pujut. Di dalam kawasan MotoGP, beber Abdulbar, akan berdiri tujuh hotel berkelas dunia, convention center, rumah sakit, dan fasilitas pendukung lainnya. Keberadaan MotoGP pun secara langsung, melengkapi fasilitas yang dibangun ITDC Jika investasi tersebut berjalan sesuai rencana dan target, ungkap Abdulbar, maka seluruh pembalap dunia MotoGP akan datang ke Indonesia. Tepatnya, di KEK Mandalika Resort. “Alhamdulillah,” ucap Plt Bupati Loteng Lalu Pathul Bahri.

Itu artinya, kata Pathul, nama Gumi Tatas Tuhu Trasna cepat atau lambat, akan mendunia begitu Mandalika street race circuit cluster akan berdiri. Tidak bisa dibayangkan. “Valentino Rossi dan kawan-kawannyapun akan menginjakkan kakinya di daerah kita tercinta ini ujarnya sembari tersenyum. la memperkirakan, ada puluhan ribu, bahkan ratusan ribu penonton dari seluruh dunia akan ber datangan. Jumlah penerbangan di Lombok International Airport (LIA) akan bertambah. Begitu pula, arus lalu lintas kendaraan. Orang nomor satu di Loteng itu pun percaya, dari sekian banyak penonton MotoGP tersebut, pasti akan membeli air minum, pecah ban motor atau mobil. Sehingga, di sinilah peran ekonomi kerakyatan itu menjawab dan mengatasi kebutuhan mereka. Jadi, mari jaga kondusifitas daerah ini,” seru Deputi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kemenko Perekonomian Wahyu Utomo.

la pun menyarankan, agar seluruh aktivitas pembangunan di KEK Mandalika Resort, tetap melibatkan warga lokal. Dengan begitu, roda perekonomian mereka berjalan. “Termasuk, saat KEK Mandalika Resort beroperasi,” ujarnya. Diketahui, Sirkuit MotoGP berbasis jalan raya yang akan dibangun di kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) ditargetkan beroperasi pada 2019 mendatang. Kepastian ini datang saat pertemuan Presiden Joko Widodo dan Presiden Prancis Francois Hollande yang menyaksikan perjanjian kerja sama ITDC dengan BUMN asal Perancis Vinci Construction Grande Projets tentang pengembangan wisata ter- padu KEK Mandalika dengan nilai investasi mencapai Rp 6 triliun beberapa waktu lalu. (dss/rl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »