promosi

Rute Lombok-Perth Resmi Dibuka

Praya (Suara NTB) – Maskapai berbiaya murah (low cost) yang berbasis di Malaysia, Airasia resmi membuka rute penerbangan Lombok-Perth Australia. Ditandai dengan penerbangan perdana Perth-Lombok, Minggu (9/6) malam kemarin. Dengan mengangkut sebanyak 171 orang penumpang. Termasuk diantaranya rombongan Wakil Gubernur NTB, Dr. I-Ij. Sitti Rohmi Djalillah. Kedatangan penumpang perdana tersebut disambut langsung General Manager (GM) PT. Angkasa Pura (AP) 1 Iombok International Airport (LIA), Nugroho Jati, Sekda Loteng, H.M. Nursiah serta para API LIA. Wagub NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, yang baru tiba dari Perth Australia untuk keperluan promosi pariwisata Lnmbok-Sumbawa di negeri kanguru tersebut menjadi yang pertama mendapat pengalungan selendang penyambutan. Wagub NTB dalam kesempatan itu tidak sendiri. la juga didampingi Sekda NT B, H. Rosyadi H Sayuti, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) NTB, H.L. Faozal, Asisten Ir. Ridwan Syah serta Kepala Dinas Perhubungan, L. Bayu Windia. Kepada wartawan, Wagub NT B mengaku cukup optimis dengan dibukanya rute penerbangan Lombok- Perth Australia ini.

‘Semoga dengan adanya rute penerbangan langsung ini, bisa lebih mendorong kunjungan wisatawan khususnya dari Australia ke Lombok,” ujarnya. la pun mengaku, .respon masyarakat Australia terhadap Lombok cukup bagus. Terbukti dari kegiatan promosi yang dilakukan pihaknya, respon masyarakat Australia khususnya Perth terhadap Lombok sangat positif. Bahwa bagi masyarakat Australia, Lombok cukup menarik untuk dikunjungi selain Bali. “Saat kita sampaikan tentang Lombok-Sumbawa ke sejumlah komunitas tourism di sana (Australia), respon mereka luar biasa,” terangnya. Dan, terbukti jika bisa dilihat dari tingkat keterisian penumpang pesawat perdana seluruhnya terisi penuh. Kondisi tersebut diharapkan bisa terus terjaga. Ditempat yang sama, GM PT. AP 1 LIA, Nugroho Jati mengungkapkan, rute penerbangan Lom bok-Perth tersebut tidak setiap hari. Tapi empat kali seminggu. Namun tidak menuntup kemungkinan jika kondisi penumpang di rute tersebut tinggi, jumlah penerbangan bisa ditambah.

“Untuk saat ini maskapai Airasia akan melayani penerbangan empat kali seminggu,” tambahnya. Perbanyak Promosi Selaras dengan Wagub NTB, Konsulat Jenderal RI di Perth Australia, Dewi Gustina Tobing, menyambut baik pembukaan rute penerbangan Lombok-Perth tersebut. Terlebih Lombok secara umum, memang sudah memperoleh kesan yang baik di kalangan masyarakat Australia. Khususnya Australia Barat. Bahkan banyak masyarakat Australia yang menanyakan tentang Lombok ke Konsultan RI. “Dengan adanya rute penerbangan langsung ini tentunya akan semakin memudahkan masyarakat Australia untuk datang berkunjung ke Iombok.” sebutnya. Dikatakannya, selama ini banyak masyarakat, Australia yang tertarik untuk datang ke Iombok. Tapi terkadang mampir dulu ke Bali. Tidak langsung datang ke Lombok. Salah satu kendalanya karena memang penerbangan langsung ke Lombok yang belum ada. ‘Terkadang wisatawan Australia kalau berwisata tidak mau ribet. Termasuk dalam hal pemilihan penerbangan, mereka lebih suka yang langsung. Hal itupula yang terkadang jadi pertimbangan wisatawan Australia dalam memilih destinasi wisata yang dikunjungi,” sebutnya.(kir)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »